pantun teka teki

Contoh Pantun Teka Teki dan Maknanya

Posted on

Kini pantun teka teki memang cukup menginspirasi banyak orang untuk melontarkannya sebagai celotehan lelucon, bijak, dan memberikan sebuah amanat dengan tepat.

Pernahkah kalian mendengar pantun teka teki? sudah pasti sering karena sekarana ini sudah cukup banyak acara televisi yang menjadi pantun sebagai salah satu ciri khas untuk menambahkan daya tarik kepada masyarakat untuk menontonnya. Tentunya, hal tersebut semakin mengenalkan masyarakat Indonesia untuk bermain pantun.

Tetapi, ternyata membuat pantun memang tidak semudah itu sehingga kita memang harus belajar membuatnya terlihat dahulu. Pastinya, kita bisa apabila mengetahui contoh dari berbagai kumpulan pantun dengan teka teki yang keren dan menarik seperti beberapa kumpulan di bawah ini.

Contoh Pantun Teka Teki

Belum tahu pantun teka teki yang paling keren? Kamu bisa lihat contoh pantunnya di bawah ini agar dapat membuat komunikasimu dengan orang lain menjadi lebih dekat yang akan mencairakan suasana.

  1. Pantun Teka Teki Rayuan

Kamu dapat membuat pantun teka teki rayuan untuk menggombali orang yang terkasih, pastinya contoh pantun yang satu ini memang sudah tidak asing lagi karena sering dilantunkan oleh para pemuda untuk merayu wanita.

Pergi ke Jakarta nengokin cucu

Sudah jalan, eh lupa alamatnya

Pijar Mahir lagi cari pantun lucu

Tapi sayang, yang lucu ada yang punya

  1. Pantun Teka-Teki Simple

Ingin membuat pantun teka teki simple? tentunya caranya sangatlah mudah cukup cari kata-kata yang memiliki akhiran sama.

Satu dua tiup lilin

Gue tau gue nyebelin

Maka dari itu gue akan meminta maaf sebesar besarnya untuk Anda dan keluarga dan peliharaan dan semuanya.

 Kalau gak mau maafin? Yaudah men kita gelut

  1. Pantun Teka Teki Saran

Contoh pantun teka teki yang pertama yaitu berupa saran sehingga akan lebih berharga untuk lawan bicaramu. Ketika kita memberikan saran kepada orang lain kemudian merasa tidak enak maka sebaiknya berikanlah saran melalui pantun, seperti contoh di bawah ini.

Jalan berdua ke taman kota…”

“TJAKEEUUUUPP!!”

“Duduk berdua menunggu senja…”

“MANTAAAP!!”

“Pada Bulan Ramadhan mari banyak berdoa…”

“LANJUUUT!!”

“Jangan lupa minum tolak angin, buat sahur dan buka.”

“OOO PASTI!”

  1. Pantun Teka Teki Jomblo

Ingin memberikan pantun untuk orang yang jomblo? tentunya kamu dapat membuatnya dengan kata-kata yang mudah seperti di bawah ini.

RT Emang kenapa kalo jomblo?

Malaikat di alam kubur itu nanya ‘siapa Tuhanmu’ bukan ‘siapa pacarmu’

Pantun teka teki dan maknanya

Melontarkan pantun teka teki tak boleh asal loh karena kalian juga harus memahami maknanya agar tersampaikan kepada lawan bicaramu, Yuk ketahui beberapa contohnya di bawah ini.

  1. Pantun Prahu Layar

Makna dari pantun prahu layar di bawah ini yaitu agar kita lebih mengingat lagi bahwa orang yang kecilnya rajin belajar maka ketika dewasa hidupnya akan senang.

Pergi ke sebrang ber prahu layar

Angin berhembus layar mengembang

Ketika kecil rajinlah belajar

Kelak besar hidupmu kan senang

  1. Pantun Bijak

Pantun bijak menjadi jenis pantun yang maknanya memberikan petuah kepada lawan bicaranya, salah satu contoh pantun di bawah ini memberikan saran kalau ada kata-kata yang salah saat berbicara jangan dimasukkan ke hati.

Anaknya pak dudung namanya mirah,

Kalau mirah mati taruh di peti,

Kalau ada kata yg salah,

Jangan masukin di dalam hati

  1. Pantun Teka Teki Lucu

Pantun teka teki lucu tetap memiliki makna untuk lawan bicara kita loh, seperti pantun yang di bawah ini memiliki makna bahwa kita lebih baik menjadi diri kita sendiri daripada mengaku punya kelebihan tetapi sebenarnya tidak punya. Contoh pantun di bawah ini memiliki makna orang suka ngaku ganteng, padahal bopung.

Disini jualan genteng

Disana jualan sekoteng B

anyak orang ngaku ganteng

Padahal bopung

  1. Pantun Kocak dengan Maknanya

Pantun kocak dengan maknanya dapat dilihat dari contoh di bawah ini untuk lebih memahami agar kita selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Orang kaya naik suzuki,

Pulang kerumah goyang kaki

Orang miskin jalan kaki,

Pulang kerumah setengah mati

  1. Pantun tentang DOSA

Terdapat pula pantun tentang Dosa yang baik untuk lawan bicara agar selalu berbuat baik. Makna dalam pantun di bawah ini yaitu menangislah karena dosa, bukan karena cinta.

Jangan suka menulis di atas kaca

Menulislah diatas meja

Janganlah menangis karena cinta

Menangislah karena DOSA.

  1. Pantun Orang Tua

Makna dari pantun orang tua yang terdapat di bawah ini yaitu kalau kita memiliki istri yang bersikap dewasa seperti orang tua maka akan banyak mengajarkan tentang kebaikan.

Elok berjalan kota tua,

Kiri kanan berbatang sepat,

Elok berbini orang tua,

Perut kenyang ajaran dapat

  1. Pantun Teka Teki Dunia Akhirat

Terdapat pula jenis pantun teka teki dunia akhirat yang memberikan amanat untuk lawan bicara agar selamat dalam kehidupan dunia dan akhirat dalam contoh di bawah ini.

Nonton wayang di Pondok Bambu,

Punya cerita surat keramat.

Kalau kita sayang sm Ibu,

Dunia akherat akan selamat

Maknanya yaitu kalau kita ingin selamat dunia akhirat maka harus sayang sama ibu.

  1. Pantun Cinta dan Makananya

Terdapat pula contoh pantun cinta dengan maknanya untuk mengakhiri sebuah hubungan dengan tepat sehingga tidak terlalu menyakiti hatimu.

Pergi belanja beli pita

buat dipasang dikemeja

kalo emang lo engga cinta,

iya udah kita bubar aja

Contoh Pantun Teka-Teki

Pantun teka teki juga akan membuat komunikasi dengan lawan bicara menjadi lebih ceria dan menyenangkan, ketahui contohnya di bawah ini.

  1. Pantun Mancing

Istilah pantun mancing juga akan memberikan nuansa lucu tersendiri loh, kamu cukup mengumpulkan beberapa istilah yang akhir katanya sama seperti contoh di bawah ini.

Mancing dikali dapet banyak

Diambil kucing dalam tempayan,

Tahu pake huruf U jadi enak,

Kalau pake huruf I jadi gak doyan

  1. Pantun Gunung

Kamu juga dapat membuat pantun dengan istilah gunung yang pastinya sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar orang. Dengan demikian maka akan membuatmu menjadi lebih mudah membuatnya.

Disana gunung, disini gunung,

Ditengah-tengah bunga melati,

Saya bingung kamu pun bingung,

Kenapa ada bunga melati ?

  1. Pantun Cacing

Terdapat pula jenis pantun cacing yang lucu sehingga akan mencairkan suasana lebih cair dengan lawan kata, seperti contoh yang terdapat di bawah ini.

Ada cacing makan ikan,

Abis kenyang renang ke tangki.

Pingin tau yang melelahkan?

Pergi ke Bandung jalan kaki. ­čśÇ

  1. Pantun Anak Sekolah

Kamu juga dapat membuat jenis pantun anak sekolah dengan kata-kata yang semangat sehingga mudah ditiru dengan inspirasi kata yang lainnya, seperti contoh di bawah ini.

Anak sekolah rambutnya poni Lucu dan licah berlari-lari

Sungguh indah pagi ini Membuat hati cerah berseri..

  1. Pantun Cinta

Terdapat pula jenis pantun cinta yang cukup indah tapi akan mengena di hati kekasihmu, seperti contoh yang terdapat di bawah ini.

Jika sudah namanya cinta

 Hati terasa berbunga-bunga

Kalau sudah terbawa suasana

Senyum sendiri seperti orang gila

Dari  daftar kumpulan pantun teka teki di atas dapat kamu jadikan sebagai salah satu bentuk ungkapan dalam bentuk lelucon, romantis, atau kata bijak agar tercipta komunikasi yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *